Penyebab Negara Korea Terpecah Menjadi Dua Negara

Penyebab Negara Korea Terpecah Menjadi Dua Negara

Penyebab Negara Korea Terpecah Menjadi Dua Negara. Konflik Korea Utara dan Korea Selatan memang adalah salah satu hal yang kita lihat sebagai perpecahan saudara di dunia. Kita bisa menemukan berbagai konflik yang timbul oleh beberapa hal di berbagai belahan dunia seperti penyebab. Perang Yaman dan juga perang yang diakibatkan penyebab konflik horizontal.

Penyebab Negara Korea Terpecah Menjadi Dua Negara

Perang-perang tersebut dianggap telah menghancurkan dan menimbulkan kerusakan dari berbagai sektor dalam negara tersebut. Rakyat tersebut tidak terhindar dari berbagai penyebab pelanggaran HAM vertikal. Seperti halnya yang bisa kita lihat dari peristiwa yang satu ini, yang mana justru membedakan antara saudara satu dengan saudara lainnya.

Banyak sekali penyebab terpisahnya Korea SAelatan dan Korea Utara. Namun, yang paling utama adlaah dari sektor politik. Rasa haus akan kekuasaan yang dimiliki tiap-tiap negara. Adidaya menyebabkan perebutan wilayah yang terjadi pada semenanjung Korea yang mana memiliki personel militer terbaik di dunia. Ada berbagai pihak utama yang bisa ditelaah disini. Mulai dari Amerika sampai yang terkenal dengan kekuatan militer yang jauh lebih kuat dari militer Amerika Selatan.

Kemenangan sekutu di Perang Dunia II

Penyebab Negara Korea Terpecah Menjadi Dua Negara

Sebab yang pertama adalah kemenangan sekutu pada perang dunia kedua. Sekutu memenangkan perang dunia dengan penyerangan sukses yang dilakukan pada kota Berlin, Jerman. Dengan semakin kuatnya kekuatan mereka terutama Uni Soviet. Negara itupun tidak ragu untuk terus memperluas wilayah kekuasaannya yang mulai merambat ke dataran Asia. Dengan melihat sasaran yang begitu empuk, Korea nampaknya seperti hal yang mudah untuk diambil begitu saja oleh Uni Soviet. Pencapaian perang dingin itu dapat dengan mudah dicapai.

Ini merupakan kesempatan bagus, karena dataran Korea yang menarik bagi Uni Soviet kala itu. Akhirnya, Uni Soviet berhasil menduduki Korea, walaupun bagian Utaranya saja. Perluasan kekuasaan sempat tersendat karena campurtangan Amerika yang mulai mencegah perluasan Uni Soviet di Korea.

Perwakilan Amerika dan Uni Soviet pada negara-negara bagian Korea

Penyebab Negara Korea Terpecah Menjadi Dua Negara

Seperti yang sudah disampaikan pada bagian satu di atas, Korea kala itu diduduki oleh kedua negara hebat, Uni Soviet Dan Amerika. Tidak henti-hentinya kedua negara tersebut menyampaikan upaya untuk menghentikan satu sama lain untuk melakukan perluasan. Uni Soviet yang merasa kuat terus menantang Amerika yang memang dari awal tidak suka dengan pam komunis Uni Soviet. Penyebab negara Korea terpecah menjadi dua negara yang dimana mirip sekali di Berlin.

Tidak ada pertempuran yang berarti memang di kala itu, perqang dingin pun terlahir dari kedua kubuh. Masing-masing negara mengeluarkan himbauan untuk segara meninggalkan wilayah tersebut.  Belum lagi ditambah adanya ciri-ciri agresi militer yang berada pada semenanjung Korea untuk memperebutkan wilayah.

Diawali Pendudukan Jepang Pada 1910

Penyebab Negara Korea Terpecah Menjadi Dua Negara

Seperti yang kita ketahui, Jepang mengalami kekalahan dalam perang sekitar tahun 1900 dan kemudian lari menuju dataran Korea. Bersinggah di sana, pelan-pelan Jepang ingin bertindak atau melakukan pengusahaan pada daerah tersebut. Karena memang supplynya sedikit dan bala tentara masih ada yang bisa digunakan Jepang menggunakan kekuatan untuk mulai menjarah negara tesrebut sedikit demi sedikit.

Jadi seperti itulah kenapa bisa terjadi penyebab negara Korea terpecah menjadi dua negara, seperti yang sudah kita ketahui. Banyak jejak-jejak kelam yang sudah di rasakan oleh kedua negara tersebut yang membuat sampai saat ini masih perang dingin.

Author: admin sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *