Perang Saudara Yang Pernah Terjadi di Indonesia

Perang Saudara Yang Pernah Terjadi di Indonesia. Perang seudara sebelum perang yang terjadi antara dua atau beberapa faksi dalam entitas politik. Ini bukan merupakan perang yang elibatkan dua negara namun perang terjadi justru malah di dalam lingkungan negara.

Perang Saudara Yang Pernah Terjadi di Indonesia

Dalam bahasa inggris perang sudara dikenal dengan istilah Civil War atau secara harfiah dikenal dengan perang warga sipil atau perang madani. Dampak perang, negara justru lebih fatal ketimbang perang pada umumnya. Sebab, terjadinya di dalam lingkungan negara sehingga resiko timbulnya konflik lebih luas juga akan semakin besar.

Perang Saudara di Ambon

Ambon sebuah provinsi di Indonesia sebagai penghasil utama rempah-rempah. Konflik ambon 1999 telah merubah kondisi Ambon menjadi terpuruk. Sebelum peristiwa ini terjadi hubungan persaudaran antara umat kristen dan muslim di sana sangatlah toleransi. Bahkan dibilang ambon merupakan wilayah yang amat menjunjung tinggi toleransi dalamm hubungan antara umat beragama. Keduanya hidup rukun dan harmonis dalam satu wilayah tanpa pernah mengalami cekcok dan perdebatan engenai perbedaan keyakinan.

Perang Saudara Yang Pernah Terjadi di Indonesia

Penyebab perang ini bisa dibilang sangat sepele seperti penyebab konflik ras. Sebab hanya bermula  dari sebuah konflik lokal antara seorang sopir taxi dan penumpangnya yang kemudian seorang muslim. Konflik ini kian membesar tidak lain disebabkan oleh adanya provokator dan provokator yang semakin menyulut api kemarahan antara kedua pihak. Hingga pada akhirnya membuat jatuhnya banyak korban dan situasi yang semakin tidak terkendali.

Maluku Tengah

Hal yang sama juga terjadi di wilayah Maluku tengah dalam ciri-ciri demokrasi kepemimpinan. Dimana persaudaran umat kristen dan muslim yang telah berjalalan setengah milenial harus kehancuran karena konflik lokal yang dibalut dengan provokasi dari pihak yang ingin menjalankan kepetingannya. Pasca konflik agama yang terjadi di Jakarta November 1998, Presiden Indonesia saat itu BJ Habibie menobatkan Maluku sebagai wilayah Indonesia yang paling toleran dan menjadi percontohan bagi wilayah lain yang ada di indonesia.

Perang Saudara Yang Pernah Terjadi di Indonesia

konflik di Maluku Tengah menunjukkan bahwa saat itu, kita sangat mudah di permainan oleh para provokator. Dengan leluasa mereka menyebarkan kebencian dalam persaudaraan yang telah dijalin sangat lama, merusak sendi dan pondasi persatuan yang selama ini dibangun.

Papua

papua merupakan wilayah Indonesia yang paling kaya bentang alam dan sumber daya alamnya sebagaimana akibat agresi militer yterhadap integritas nasional. Letaknya berada paling ujung dari wilayah Indonesia, sering membuatnya merasa terlupakan. Selain itu, masyarakat papua juga masih sangat kental dengan memegang adat istiadat kebudayaan tradisional mereka. Dipapua kita akan sangat mudah menemukan suku-suku asli yang hidup dalam kesederhanaan, mengandalkan alam dan jauh dari kaya modernisasi.

Perang Saudara Yang Pernah Terjadi di Indonesia

Perang saudara di Papua merupakan konflik yang amat sering terjadi sebagai dampakkonflik agama. Penyelesaiannya pun relatif sulit dilakukan, sebab merekja cenderung tidak mengijinkan pihak luar termasuk pemerintah untuk ikut menjadi mediator dalam memediasi konflik. Namun, lain dulu lain sekarang kini masyarakat Papua telah banyak tersentuh pembangunan dan tidak lagi ketinggalan seperti dahulu. hal ini tentunya memberikan sebuah angin segar dan meminimalisisr terjadi kembali gesekan yang berujung pada perang saudara seperti sebelum-sebelumnya.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *