Sedikit Sejarah Pattani

Sedikit Sejarah Pattani

Sedikit Sejarah Pattani. Negeri Pattani mempunyai sejarah yang cukup lama. Jauh lebih lama dari negeri-negeri di semenanjung Melayu seperti Malaka, Johor dan Selangor. Sejarah lama Pattani merujuk kepada kerjaan Melayu Tua pengaruh Gindu-India bernama Langkasuka.

Sedikit Sejarah Pattani

Sedikit Sejarah Pattani

Kawasan timur Langkasuka meliputi pantai timur semenanjung. Mulai dari senggora, pattani, kelantan sampai terengganu, termasuk juga klawasan utara negeri kadah. Menurut catatan sejarah, Langkasuka itu terletak di daerah pattani sekarang. Sebagaimana yang dikatakan oleh seorang ahli antropologi di prince of songkla university. Yang dikuatkan juga oleh sejarawan lain antropologi di prince of wahid, mubin shepard. Tapi, persoalan berubahnya nama langkasuka menjadi pattani masih belum diketahui dengan pasti karea tidak ada catatab sejarah yang jelas mengenai hal tersebuit.

Karena letaknya yang strategis dari seegi geografis, pattani menjadi tumpuan para pedagang. Sehingga pattani menjadi pusat perdagang ketika itu. Menurut ahli antropologi, orang pattani berasal darui suku jawa – melayu. Karena suku inilah yang pertama kali mendiami tanah melayu. Kemudian berdatangan pedagang arab dan india ke daerah pattani.

sedikit sejarah pattani, Masuknya islam ke pattani, juga seperti sebuah cerita khayalan atau dongeng. Akan tetapi memang begitu proses masuknya islam ke sana. Sebagaimana dikisahkan dlam buku sejarah. Dikisahkan waktu itu, pattani dipimpin oleh seorang raja yang bernama phya tu nakpa. Raja dikabarkan menderita sakit dan tidak kunjung sembuh. Dia mendengar, ada seorang tabib. Tabib tersebut mau mengobati sakit raja dengan syarat raja harus masuk islam setelah sembuh dari sajitnya. Raja menyetujui syarat sang habib dan berjanji masuk islam setelah sembuh.

Lalu sang tabib pun mengobati raja. Akan tetapi, setelah sembuh sang raja mengingkari janjinya. Dia tetap saja memeluk agamanya. Kemudan raja sakit kembali dan diobati kembali. Kejadian itu terulang sampai tiga kali. Pada yang ketiga kalinya raja menyerah dan insyaf. Setelah dari sajitnya, raja bersama keluarga dan pembesar istana memluk agama islam.

Perpindahan Tahta

Sepeninggalnya, raja digantiokan oleh putranya, sultan muzaffar shah . Dia meneruskan dan memajukan negerinya. Tidak hanya itu, sultan muzaffar shah juga melakukan lawatan ke negara tetangga, termasuk siam. Akan tetapi lawatanya sultan muzaffar tidak di terima baik oleh raja siam. Karena kesombongan raja siam, yang menganggap dirinya lebih terhormat, membuat sultan pattani marah. Serta menyerang siam yang ketika itu sedang diserang oleh burma. Akhirnya siam jatuh ketangan sultan muzaffar saat itu juga. Tidak lama kemudian, raja pattanimeninggal dan digantikan kepada putra sultan ismail shah. Yang menimbulkan maslaah pada kesultanan. Mulailah terjadi perpecahan di dalam istana yang melibatkan keluarga raja juga putera selir beliau. Jadi seperti itulah sedikit sejarah pattani yang kami jelaskan tersebut.

Author: admin sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *