Sejarah Pristiwa Gerakan 30 September 1965

Sejarah Pristiwa Gerakan 30 September 1965

Sejarah Pristiwa Gerakan 30 September 1965. Peristiwa  G30S/PKI atau lengkapnya kita kenal dengan pristiwa Gerakan 30 sepember. Atau disingkat Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh) atau Gestok (Gerakan Satu Oktober). Adalah peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia pada malam hari tanggal 30 September – 1 Oktober 1965. Dimana tujuh perwira tinggi militer Indonesia dan beberapa orang lainnya dibunuh karna dinilai sedang melakukan sebuah usaha percobaan kudeta.

Sejarah Pristiwa Gerakan 30 September 1965

Sejarah Pristiwa Gerakan 30 September 1965

Percobaan kudeta tersebut berhasil di gagalkan dan tersebar isu yang menyatakan bahwa PKI bertanggung jawab. Dibalik pristiwa pada 30 September yang telah menelan banyak nyawa. Sampai saat ini kebenaran apakah PKI terlibat atau tidak pada 30 September 1965 masih menjadi bahan perdebatan.

Latar belakang sebelum terjadinya G30S

Sebelum peristiwa G30S/PKI, tercatat bahwa Partai Komunis Indojnesia atau PKI adalah Partai K.munis yang paling besar. Diseluruh dunia pada tahun 1965, tanpa menghitung partai komunis di Tiongkok dan Uni Soviet. Berjumlah sampai 3,5 juta jiwa, ini pun belum termasuk dengan 3 jutajiwa kader PKI yang bergerak di pergerakjan pemuda.

Selain itu PKI mengawasi dan mengontrol beberapa pergerakan dan organisasi:

  • Pergerakan Serikat Buruh – 3,5 juta jiwa.
  • Barisan Tani Indonesia – 9 juta jiwa.
  • Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia).
  • Organisasi Penulis dan Artis.
  • Pergerakan Sarjana.

Diauditkan bahwa PKI saat itu mempunyai lebih dari 20 juta jiwa anggota dan pendukung. Selain memilikibanyak anggota dan pendukung. PKI juga merupakan partai komuunis yang paling dekat dan mendapatkan sokongan penuh dari presiden partama RI. PKI benar-benar memiliki kekuatan penuh, pada saat itu seperti bunuh diri jika ingin membubarkan PKI.

Sejarah Pristiwa Gerakan 30 September 1965

Peristiwa 30 september sampai 1 oktober 1965 pada dini hari ini sudah membunuh enam perwira tinggi angkatan darat. Serta beberapa orang lainnya tuduhan karna melakukan upaya kudeta yang disalahkan kepada para Cakrabirawa (pengawal istana). Yang dianggap terlalu dekat kepada PKI, yang itu dipimpin Letkol Untung.

Isu dewan jenderal

Sebelum terjadi gerakan 30 september itu. Sudah beredar isu dengan adanya dewan jenderal yang menyatakan bahwa beberapa petinggi angkatan darat ingin mengkudeta kekuasaan presiden sukarno. menanggapi isu yang beredar, presiden sukarno disebut-sebut memerinbtahkan pasukan pengawal istana ntuk menangkapo petinggi angkatan darat untuk di adili. Namun sayangnya, sebelum operasi penangkapkan tersebut terjadi sudah ada oknum-oknum yang lebih dahulu membunuh mereka di lubang buaya.

Isu dokumen gilchrist 

Isu dokumen gilchrist, yang diambil dari nama dubes Inggris yaitu andres gilchrist sudah beredar hampir bersamaan dengan isu dewan jenderal. Beberapa pihak menyatakan bahwa dokumen ini sudah di palsukan oleh intelejen Ceko, di bawah pengawasan dari jenderal agayant dari KGB Russia.

Dokumen ini menyatakan bahwa perwira-perwira angkatan darat telah oleh piak barat. Selain itu amerika serikat juga dituduh sudah memprovokasi militer Indonesia karena memberikan daftar nama-nama anggota PKI untuk di bunuh. Dinas intelejek amerika serikat mendapatkan data-data tagan PKI pada peristiwa 30 september dari berbagai sumber, salah satunya dari buku yang tertulius john Hughes.

Isu keterlibatan soekarno

Sampai saat ini belum ada bukti yang kuat tentang peran aktif soeharto dalam aksi penculikan para perwira-perwiratinggi angkatan darat. Satu-satunya bukit bahwa sudah ada kolaborasi ketika pertemuan soeharto, yang saat ini menjabat sebagai panglima komando strategi cadangan angkatan darat dengan kolonel abdul latief di rumah sakit angkatan darat.

Beredar isu bahwa sebenarnya soeharto sudah mengetahui tentang gerakan tentang gerakan yang akan di lakukan padfa dini hari 30 september. Namun beliau mendiamkannya untujk meraih keuntungan tersendiri.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *