5 Teknologi Yang Jaga Keselamatan Dalam Penerbangan

Teknologi yang jaga keselamatan

Teknologi yang jaga keselamatan dalam penerbangan. Apakah kamu tahu bahwa menurut data penelitian perjalanan dengan menggunakan pesawat sebenarnya jauh lebih aman ketimbang perjalanan dengan mobil?

Berdasarkan curiosity.com 95,7 persen penumpang yang menggunakan pesawat dipastikan selamat. Itu berarti sebenarnya kecelakaan pesawat sangatlah jarang. Bahkan dari umurmu saat balita hingga kamu berumur 80 tahun, bisa jadi kamu tidak mengalami kecelakaan sama sekali.

Besarnya persentase keselamatan itu hadir berkat teknologi-teknologi yang terus dikembangkan pada pesawat. Hal itulah yang menjaga penumpang dan awak kabin untuk bisa selamat dari tiap penerbangan. Setidaknya inilah lima teknologi yang menjamin keselamatan tersebut.

Baca juga: Bagaimana Sebuah Pesawat Bisa Terangkat dan Terbang di Angkasa?

1. Bingkai sayap

Teknologi yang jaga keselamatan

Sayap pesawat mengalami banyak tekanan ketika lepas landas, mempertahankan ketinggian dan saat mendarat. Oleh karena itu, perkembangan bingkai pesawat yang aerodinamis dan mengurangi tekanan udara sangatlah membantu.

Kru menggunakan teknologi ultrasound untuk memonitor kondisi sayap dan jika ada keretakan, mereka akan menggunakan semacam resin untuk membenarkannya. Saat bingkai sayap itu rusak, bukan tidak mungkin pesawat dapat jatuh.

2. Bantalan roda

Teknologi yang jaga keselamatan

Selain sayap, roda pesawat juga merupakan bagian krusial. Menurut infografis yang dibuat survival mastery, pendaratan memiliki tingkat keselamatan 76,6 persen, lebih rendah ketimbang saat penerbangan yang mencapai 96 persen, namun lebih tinggi ketimbang saat lepas landas.

Bantalan roda terbaru memiliki material dengan formula keramik. Itu lebih tahan terhadap perubahan temperatur dan tekanan fisik dari pesawat saat mendarat.

Baca juga: Sejarah Penemuan Teknologi Kotak Hitam Pesawat

3. Pembaca cuaca

Teknologi yang jaga keselamatan

Teknologi yang sangat membantu bagi penerbangan adalah pembaca cuaca. Beberapa kondisi cuaca mempengaruhi teknis airport, sebagai contoh adalah kondisi petir. Dengan hadirnya pembaca cuaca, para profesional di bagian airport dapat melindungi penumpang dan para awak kabin dengan data cuaca.

4. Radar menara pengawas

Teknologi yang jaga keselamatan

Jika kamu melihat menara pengawas, di sana terdapat radar. Radar itu terus menerus memberikan informasi mengenai peta tentang kondisi lalu lintas udara.

Update itu datang dari data yang terintegrasi pada GPA di dalam pesawat-pesawat yang terbang. Lewat hal tersebut, pilot mendapatkan informasi mengenai di sekitar mereka.

Baca juga: 5 Inovator Teknologi Asal Indonesia

5. Peta digital kokpit

Teknologi yang jaga keselamatan

Di jaman dulu para pilot masih menggunakan kertas sebagai peta untuk menuju suatu tempat. Namun, perkembangan jaman membuat semuanya lebih mudah.

Sekarang pilot hanya perlu memperhatikan peta digital yang ditampilkan di kokpit. Peta tersebut sangat mudah untuk dibaca dan di dalam datanya terdapat info-info mengenai halangan-halangan yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Hingga sekarang, teknologi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pesawat terus dikembangkan. Mulai dari material hingga desain baru. Semoga saja ke depannya terdapat teknologi yang lebih pasti untuk menjamin keselamatan penumpang dan awak kabin untuk pesawat yang terjatuh.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *