Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi UHT?

Teknologi UHT. Jika Anda pergi ke supermarket dan melihat makanan atau minuman yang tidak memerlukan kulkas untuk menyimpannya. Besar kemungkinan bahwa produk tersebut menggunakan teknologi pemrosesan UHT dan kemasan aseptik.

Teknologi UHT

Pengertian UHT

UHT atau ultra-high temperature adalah salah satu metode pemrosesan makanan dan minuman yang populer di kalangan produsen produk tersebut. Proses UHT memanaskan produk di suhu lebih dari 135°C selama 2-4 detik untuk menghilangkan bakteri jahat. Tanpa menghilangkan nutrisi baik yang terkandung di dalamnya. Proses ini menggunakan teknik pemanasan dan pendinginan ekstra cepat pada produk dan kemasan sehingga nutrisinya tidak hilang. Selain itu proses ini juga relatif dapat mempertahankan rasa dan warna dari minuman.

Keuntungan UHT

Keuntungan dari proses tersebut, produk UHT memiliki masa simpan yang lebih lama yaitu dari 9-12 bulan, dan tidak memerlukan pendinginan atau tambahan pengawet. Karena itulah produk UHT bisa dikatakan bernutrisi, aman dan mudah untuk dibawa kemana-mana serta dapat dinikmati langsung oleh konsumen kapanpun juga.

Meskipun demikian, keunggulan-keunggulan produk UHT seringkali membuat banyak orang bertanya-tanya karena penyimpanannya yang tanpa memerlukan pendinginan. Hal ini karena kemasan produk tersebut menggunakan teknologi aseptik.

Pengertian teknologi aseptik

Apakah teknologi aseptik itu? Ini adalah sebuah metode pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman yang dapat menjaga keutuhan nutrisi dan rasa hingga 9-12 bulan. Tanpa memerlukan tambahan pengawetan ataupun pendinginan. Dalam prosesnya, semua alat dalam rantai produksi kemasan aseptik pun harus steril – termasuk material kemasan, makanan/minuman, dan lingkungan di mana proses tersebut terjadi.

Produk UHT yang dikemas secara aseptik memastikan kondisi produk tetap dalam keadaan baik selama produk belum dibuka dan kemasan dalam keadaan utuh. Pastikan untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa produk sebelum membelinya.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *