Berkenalan Dengan Super Komputer Tercepat di Dunia

Super Komputer

Pernahkah kita berpikir seberapa cepat dan super komputer yang kita miliki? Lantas apa yang menjadi tolak ukur seberapa cepat kinerja dari sebuah komputer yang kita miliki? Kemudian apakah ada komputer yang paling cepat di dunia dan seberapa cepatkah super komputer itu?

Pada teknologi komputer ada yang namanya prosesor atau unit pengolahan terpusat. Sebuah prosessor komputer yang kita miliki, mempunyai tingkatan dari generasi ke generasi yang disebut sebagai pentium. Semakin tinggi generasi atau pentium prosesor komputer kita. Semakin cepat kinerjanya dan semakin banyak pula instruksi program komputer yang bisa dijalankan.

Super Komputer

Perbedaan CPU dan GPU

Prosesor komputer yang beredar dipasaran saat ini, terbagi menjadi dua jenis yaitu CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit). Kedua jenis prosesor tersebut memiliki perbedaan dalam kemampuan kerja dalam pemrosesan sebuah instruksi program komputer. CPU menjadi inti kerja dari sebuah komputer yang tersusun dari jutaan hingga milyaran transistor yang berukuran sangat kecil yaitu 14 nm (nano meter). Ukuran transistor penyusun prosesor akan semakin kecil seiring dengan perkembangan teknologi, hingga 2017 ukuran transistor telah mencapai 7 nm.

CPU merupakan tempat terjadinya proses pelaksanaan instruksi (perintah) dari program komputer dengan cara melakukan proses aritmatika dasar. Sedangkan GPU, dirancang untuk manipulasi sistem grafis dan pemrosesan gambar agar lebih efisien dari CPU. Pada jenis prosesor tertentu antara GPU dan CPU digabung menjadi satu (hibrid) agar kedua sistem dapat saling bekerja sama guna memaksimalkan kinerja dari sebuah komputer.

Komputer pribadi seperti laptop yang kita miliki hanyalah untuk tujuan mengerjakan tugas-tugas yang tidak membutuhkan pekerjaan dengan kebutuhan kecepatan tinggi. Pekerjaan-pekerjaan yang sering kita kerjakan misalnya mengerjakan tugas rumah, tugas kantor, bermain game, tugas kuliah, dll.

Berbeda dengan kebutuhan pada bidang riset ilmu pengetahuan dan sains teknologi. Dimana para ilmuwan membutuhkan komputer yang sangat cepat untuk analisis data yang sangat banyak dan dalam jumlah yang besar yang disebut sebagai super komputer. Super komputer banyak membutuhkan prosesor yang tersusun secara paralel agar mendapatkan performa komputer yang lebih cepat. Biasanya dalam orde kecepatan petaflops setara dengan 1015 flops (seribu trilyun flop per detik).

Super Komputer

FLOPS adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Floating point Operations Per Second yang merujuk pada satuan untuk jumlah perhitungan yang dapat dilakukan oleh sebuah perangkat komputasi (dalam hal ini adalah komputer) terhadap bilangan pecahan (floating point) tiap satu satuan waktu. Sebagai contoh, super komputer Titan milik Amerika Serikat yang mempunyai kemampuan untuk melakukan kalkulasi sebanyak 17.6 peta (1000 trilyun) kalkulasi terhadap bilangan pecahan dalam 1 detik, dan dapat dinyatakan dalam satuan 17.6 PFLOPS/PetaFLOPS.

Semakin kompleks ilmu pengetahuan yang ingin manusia pecahkan, pastilah akan membutuhkan sumber daya komputer yang sangat memadai. Salah satu yang paling menjanjikan adalah dengan menggunakan super komputer. Super komputer tercepat nomor satu saat ini dipegang oleh negara Cina yaitu Sunway TaihuLight dengan memegang rekor kecepatan 93 petaflops (93 ribu trilyun flop per detik) dan kecepatan secara teori setara dengan 125,4 petaflops (125 ribu trilyun flop per detik). Super komputer tercepat di dunia milik Cina ini terpasang di Pusat Super komputer Nasional di Wuxi, Cina dan membutuhkan sumber daya listrik sebesar 15,4 MW (Mega Watt).

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *