Biar Paham, 5 Istilah Teknologi Ini Wajib Kamu Tahu

Istilah teknologi

Istilah teknologi. Kemajuan zaman tak hanya mengubah tatanan dunia, gaya hidup orangnya, maupun kecanggihan teknologinya.

Namun, perkembangan zaman juga memengaruhi penggunaan istilah dalam dunia teknologi. Kira-kira, kata-kata lawas apa saja yang memiliki makna baru, baik terkait fungsi dan artinya?

Baca juga: Bulan Buatan di China Bakal Gantikan Cahaya Lampu Jalan

Dilansir Brilio dari Life Death Prizes, Senin (2/7/2018), ada lima (5) kata dengan perbedaan makna secara harafiah dan secara teknologi, baik bahasa Inggris maupun Indonesia. Apa saja?

1. Feed

Definisi harafiah: Memberi makan orang atau hewan, menjadi makanan, pemberian makanan atau meletakkan uang di dalam sebuah mesin.

Definisi di ranah teknolog: Sebuah lini masa di mana orang-orang yang pernah kamu temui mengunggah foto makanan, hewan peliharaan, foto selfie, dan lain sebagainya.

2. Spam

Definisi harafiah: Olahan daging dalam kaleng.

Definisi di ranah teknologi: e-mail yang tidak dikehendaki.

Baca juga: Mata Uang Digital Dari Kacamata Syariah

3. Tablet

Definisi harafiah: Obat dokter, pil, gentel, buku/kertas catatan, lembaran.

Definisi di ranah teknologi: Perangkat komunikasi yang bisa merangkat menjadi ponsel maupun komputer dengan teknologi layar sentuh.

4. Tagar

Definisi harafiah: Sebuah nama permainan di luar negeri. Etiket, label. Kartu, price, kartu harga. Pening, kepingan untuk nama, tanda pengenal.

Definisi di ranah teknologi: Penyebutan nama teman di Facebook saat kamu sedang mengunggah foto, update status, dan sebagainya.

5. Drive

Definisi harafiah: Mengemudikan kendaraan. Perjalanan. Jalan raya. Kampanye, gerakan.

Definisi di ranah teknologi: Tempat penyimpanan file yang akan disingkronisasi dengan akun email di Google.

Baca juga: Sejarah Android

6. Swafoto

Tahukah kamu nama dari aktivitas yang sehari-hari kamu lakukan dengan smartphone ini? Ya. Swafoto adalah terjemahan dari istilah yang populer kita kenal dengan sebutan selfie.

7. Swakarya

Kamu tentu pernah mendengar istilah DIY alias Do It Yourself dalam video yang kamu lihat di Instagram atau YouTube. Istilah DIY kemudian diadaptasi ke Bahasa Indonesia menjadi swakarya.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *