Daftar Kecepatan Internet di Seluruh Dunia

Teknologi – Kecepatan internet penting buat semua orang, karena dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan internet untuk berbagai keperluan.

Kalau kamu sering frustasi dengan koneksi internet lemot di Indonesia, wajar kalau kamu iri dengan negara lain yang internetnya jauh lebih ngebut.

Nah, baru-baru ini, situs Compare the Market merilis daftar kecepatan internet di 50 negara, beserta harga langganannya.

Kira-kira negara mana yang kecepatan internetnya paling kencang?

Baca juga: Kenangan Teknologi Anak Era 90'an

Daftar Kecepatan Internet di 50 Negara Beserta Harga Langganannya

Buat yang mimpi tinggal di negara dengan internet paling kencang sedunia, negara-negara di bawah ini mungkin bisa jadi target.

1. Singapura

Kalau kamu pernah jalan-jalan ke Singapura, negara tetangga kita itu adalah negara yang memiliki internet tercepat.

Ya, Singapura memiliki rata-rata kecepatan download 185,25 Mbps dan kecepatan upload 192,08 Mbps.

Untuk mendapatkan internet superngebut ini, penduduk negara Singapura rata-rata harus membayar biaya berlangganan sekitar 39,84 Poundsterling atau setera dengan Rp740.000.

2. Islandia

Posisi kedua ditempati Islandia yang memiliki rata-rata kecepatan download 153,4 Mbps dan kecepatan upload 155,46 Mbps. Tapi, harga berlangganan internet di Islandia juga tidak murah. Rata-rata harus membayar 60,56 Poundsterling per bulan (sekitar Rp1,2 juta).

3. Korea Selatan

Di peringkat ketiga ada Korea Selatan dengan kecepatan download 114,31 dan kecepatan upload 90,2 Mbps.

Biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan internet di Korea Selatan adalah 25,51 Poundsterling perbulan atau sekitar 477 ribu rupiah.

4. Hungaria

Selanjutnya, di posisi keempat ada Hungaria. Negara yang terletak di benua Eropa ini memiliki rata-rata kecepatan download 108,78 Mbps dan rata-rata kecepatan upload 44,44 Mbps, dengan harga berlangganan perbulan yang cukup hemat, yaitu 14,51 Poundsterling (Rp270.000).

5. Amerika Serikat

Sementara itu, masyarakat AS harus puas dengan kecepatan download 107,28 Mbps dan kecepatan upload 37,11 Mbps dengan biaya langganan yang cukup tinggi yaitu sekitar 53,48 Poundsterling atau Rp990.000.

Bagaimana Dengan Indonesia?

Nah, sekarang kamu pasti bertanya-tanya, bagaimana dengan Indonesia?

Sayangnya, Indonesia tidak masuk dalam daftar tersebut karena rata-rata kecepatan internetnya masih rendah.

Yang berada di posisi 50 atau terakhir dalam daftar tersebut adalah Brunei Darussalam. Brunei memiliki rata-rata kecepatan download 15,15 Mbps dengan biaya langganan 97,40 Poundsterling atau sekitar Rp1,8 juta.

Baca juga: 6 Smartphone Dengan Teknologi Kamera Terbaru di Ajang MWC 2019

Negara Dengan Biaya Internet Termudah dan Termahal

United Arab Emirates (UAE) adalah negara dengan biaya langganan internet paling mahal di dunia.

Masyarakat UAE harus merogoh kocek yang sangat dalam untuk menikmati internet yakni 124,11 Poundsterling atau sekitar Rp2,3 juta.

Sedangkan, Turki adalah negara dengan harga langganan internet termurah yakni 12,61 Poundsterling atau sekitar Rp237.000.

Berikut ini adalah daftar lengkap harga langganan internet di dunia beserta kecepatannya.

Daftar Kecepatan Internet di Seluruh Dunia
Daftar Kecepatan Internet di Seluruh Dunia
Daftar Kecepatan Internet di Seluruh Dunia

Daftar Kecepatan Internet di Seluruh Dunia
Daftar Kecepatan Internet di Seluruh Dunia
Baca juga: Tren Pengguna Ponsel Indonesia di 2019

Kecepatan Internet Indonesia Masih Kalah Dibanding Negara Tetangga

Berdasarkan laporan lainnya yakni OpenSignal, Indonesia memiliki kecepatan unduh rata-rata 8,6 Mbps, dan paling cepat hingga 18,5 Mbps.

Dengan angka tersebut, Indonesia masih kalah dengan Malaysia. Malaysia memiliki kecepatan unduh rata-rata 14 Mbps dengan kecepatan unduh maksimal 21 Mbps.

Indonesia juga kalah dari Filipina yang memiliki kecepatan unduh rata-rata 9,4 Mbps dengan kecepatan unduh maksimal 19 Mbps. Diikuti Panama (10,1 Mbps, maksimal 20 Mbps), Vietnam (21,2 Mbps, maksimal 26,4 Mbps).

Padahal, Indonesia bukan hanya salah satu negara-negara populasi terbesar tapi juga salah satu negara dengan jumlah pengguna smartphone dan internet terbanyak dan teraktif.

Tercatat dalam sehari rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan lebih dari sepertiga waktunya untuk berinternet.

 

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *