Fakta Menarik Seputar Listrik Yang Tak Pernah Kita Ketahui

Fakta Menarik Seputar Listrik Yang Tak Pernah Kita Ketahui

Fakta Menarik Seputar Listrik Yang Tak Pernah Kita Ketahui. Dalam kehidupan sehari-hari, listrik telah menjadi kebutuhan dan kehidupan manusia. Bahkan saat ini, kita semua hampir bergantung dengan listrik. Tidak hanya memberikan energi untuk kehidupan, ternyata listrik juga mempunyai beberapa fakta unik.

Apa saja fakta menarik dibalik kegunaan dan fungsi listrik tersebut. Yuk simak ulasan berikut yang dirangkum dari berbagai sumber:

Fakta Menarik Seputar Listrik Yang Tak Pernah Kita Ketahui

1. Meskipun dikatakan bahwa Thomas Alfa Edison yang menemukan energy listrik, namun perlu diketahui sebenarnya Benjamin Franklin yang pertama kali menemukannya. Hanya saja, Benjamin tidak mampu mengkonversi listrik menjadi energi. Thomas Alfa Edison membangun power plant pertama kali pada tahun 1882 di New York.

2. Benjamin Franklin melakukan penelitian listrik di abad ke 18 dan kemudian menciptakan alat penangkal petir. Cara kerja penangkal petir yaitu mengalirkan arus petir ke grounding.

3. Di tahun 1880’an terjadi “pertarungan” antara Thomas Edison (penemu arus DC) dan Nikola Tesla (penemu arus AC). Mereka ingin penemuan mereka diaplikasikan pada penggunaan listrik yang lebih luas, dan “pertarungan” ini dimenangkan oleh Thomas Edison. Karena terbukti arus DC jauh lebih aman dan dapat digunakan pada jarak yang lebih jauh.

4. Listrik diperkenalkan pertama kali di Ethiopia pada tahun 1896. Setelah Kaisar Menelik II memesan dua kursi listrik yang baru untuk hukuman mati dan setelah kursi tersebut datang. Namun lucunya, ia baru sadar ternyata kursi itu tidak ada gunanya karena belum ada listrik di negaranya.

5. Seorang pria di Australia pada tahun 2005. Mengenakan jaket nilon dan kemeja wol lalu melewatkan listrik sebesar 40.000 volt listrik statis ke bajunya. Namun, yang terjadi benda-benda di sekitarnya terbakar, mulai dari karpet, plastik, dan benda-benda lainnya. Setelah itu, diadakan evakuasi besar-besaran akibat kebakaran tersebut.

6. Benjamin Harrison adalah presiden ke-23 Amerika Serikat dan merupakan presiden pertama yang memiliki listrik di Gedung Putih. Tapi dia sama sekali tidak berani menyalakan saklar lampu karena takut tersetrum.

7. Slavisa Pajkic adalah manusia listrik dari Serbia. Ia juga pemilik rekor Guinness World dua kali. Tubuh Pajkic bisa menjadi isolator, konduktor dan akumulator listrik. Tidak itu saja, dia juga manusia pemanas. Pajkic dapat menahan tegangan tinggi tanpa merasa kesetrum seperti layaknya manusia biasa.

Dalam sebuah video YouTube, ia menunjukkan kemampuannya menyalakan bola lampu dengan tubuhnya. Dia bahkan memasak sosis dengan menggunakan energi yang tersimpan dalam tubuhnya.

Fakta Menarik Seputar Listrik Yang Tak Pernah Kita Ketahui

8. Mengacu pada data Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia/ Indonesian Coal Mining Association, dari 1,2 miliar orang di dunia yang belum mendapatkan akses listrik 49 juta dari Indonesia. Akibatnya, konsumsi listrik perkapita Indonesia hanya 0.8 MWh, dan ini termasuk yang terendah di ASEAN dan sekitarnya. Dibanding Thailand 2,3 MWh, Malaysia 4,4 MWh, dan Singapura 8,1 MWh.

9. Ternyata sudah ada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang ramah lingkungan. Salah satunya PLTU Cirebon Power yang telah menggunakan Clean Coal Technology (CCT). Alias teknologi batu bara bersih yang mampu menekan emisi, dengan konsumsi batubara menjadi sumber energi. Bahkan CCT ini bisa dikatakan sebagai masa depan kelistrikan Indonesia.

10. Biaya operasi PLTU batubara 30 lebih rendah dibandingkan sistem pembangkit listrik yang lain. Nah, di negara kita sendiri sebagai salah satu penghasil batubara dunia, Indonesia memiliki cadangan batubara hingga 32,3 miliar ton. Dengan cadangan sebesar itu, tentu bisa menjadi andalan tambahan energi yang sangat vital untuk negara ini.

Itu merupakan beberapa fakta menarik seputar listrik yang tak pernah kita ketahui selama ini.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *