Langkah Amankan Perangkat dari Aplikasi Malware

Langkah amankan perangkat

Langkah amankan perangkat. Google Play Store sudah terbukti tidak aman dari peredaran aplikasi-aplikasi berisi malware. Apabila menginstall aplikasi berisi malware, perangkat bisa ‘lemot’ secara mendadak karena menggunakan data berlebihan atau menunjukkan data-data yang terkorupsi.

Dilansir dari Digitaltrends, ada beberapa langkah untuk menyingkirkan aplikasi malware ini. Apabila pengguna masih bisa mengakses perangkat, pertolongan pertama adalah harus menghapus aplikasi tersebut.

Baca juga: Penjelasan Tekanan Udara Ban Dikurangi Saat Musim Hujan

Berikut lima langkah amankan perangkat dari aplikasi malware.

1. Matikan Perangkat

Langkah pertama adalah pengguna harus mematikan perangkat untuk mencegah infeksi yang lebih parah. Mungkin ini tidak menghentikan malware tapi bisa mengurangi dampak yang lebih parah karena mencegah malware untuk mengakses ke jaringan terdekat.

Kemudian pengguna mempunyai waktu untuk berpikir dan mencari tahu malware ini. Pengguna bisa berpikir dan mengingat kembali aplikasi mana yang berisi malware.

Atau apakah ada perangkat lunak yang diunduh tanpa persetujuan. Kalau anda tidak mengetahui aplikasi mana yang berisi malware, maka anda tidak bisa menghilangkan malware ini.

Kalau anda tidak mengetahui aplikasi mana yang berisi malware, pengguna bisa langsung menginstall aplikasi anti-malware. Aplikasi ini bisa mengidentifikasi masalah dan bisa menghapus perangkat lunak yang berisi malware.

Baca juga: Langkah Menghindari Serangan Malware LuckyMouse

2. Aktifkan Mode Aman atau Emergency

Ketika perangkat sudah aktif, lebih baik alihkan ke mode aman dan emergency. Bagi pengguna Android, bisa menggunakan mode aman dengan menekan tombol power beberapa detik, kemudian tekan dan tahan pilihan ‘power off’. Lalu akan muncul pilihan ‘reboot to safe mode’.

Apabila tidak dapat menemukan safe mode, pilihan mode ‘airplane’ bisa digunakan untuk mencegah perangkat masuk ke jaringan.

3. Kunjungi Daftar Aplikasi di Pengaturan

Pengguna bisa ke app manager, untuk melihat daftar seluruh aplikasi di perangkat. Di situ, pengguna bisa melihat-lihat aplikasi yang diduga memiliki malware. Pengguna bisa mengingat mana aplikasi terakhir yang anda install sebelum terinfeksi. Pengguna juga bisa mencari mana aplikasi yang terinstall sendiri tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

4. Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Pengguna bisa melakukan uninstall dan Android akan menghapus aplikasi tersebut. Pengguna akan terkejut betapa banyaknya aplikasi anonim yang berada di daftar aplikasi.

Apabila tidak bisa melakukan uninstall, pengguna bisa memilih ‘Disable’ untuk melumpuhkan aplikasi.

Baca juga: Begini Cara Mencegah WhatsApp Disadap

5. Unduh Aplikasi Anti-Malware

Disarankan pengguna mengunduh aplikasi keamanan agar lebih mudah untuk mendeteksi malware di Android. Aplikasi ini bisa memindai adanya virus atau malware dan menyingkirkan file serta perangkat lunak yang terinfeksi.

Ketika anda selesai menghapus aplikasi yang bermasalah secara manual, anda bisa mengunduh aplikasi keamanan untuk memiliki pengamanan yang berlapis.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *