Pengertian dan Fungsi IMEI Pada Handphone

pengertian dan fungsi IMEI

Pengertian dan fungsi IMEI. Kalian pasti pernah atau sering mendengar istilah IMEI. Apalagi bagi kalian yang suka mengotak-atik handphone kalian. Istilah IMEI tidaklah asing, kalian sering mendengarnya saat membeli handphone baru. IMEI sangat penting bagi ponsel kalian beli. Walaupun begitu, banyak orang yang tidak mengetahui fungsi IMEI dan mengapa sangat penting.

Semakin maraknya pencurian handphone sekarang menyebabkan kode-kode IMEI memiliki peranan dan nilai yang tidak boleh diremehkan. Hal ini karena IMEI memiliki berbagai macam data yang berhubungan dengan handphone atau ponsel yang kalian miliki. Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu IMEI?

IMEI itu ibarat kartu identitas/ KTP, jadi akan ada IMEI disetiap ponsel yang dirilis oleh vendor, dimana nomor IMEI juga dapat digunakan untuk beberapa tujuan. Jika kamu membeli ponsel baru kamu dapat melihat angka IMEI di beberapa bagian seperti kotak perangkat, baterai, ataupun pada bungkus ponsel yang baru kamu beli.

Baca juga: Tren Smartphone 2019

Lalu banyak yang bertanya “IMEI itu penting gak sih?” Penting! Kamu akan mengetahuinya setelah membaca artikel ini hingga selesai. Akan ada pengertian, dan cara mengetahuinya dengan mudah. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian dari IMEI, fungsi dari IMEI serta bagaimana cara melihat kode IMEI pada ponsel kita, silahkan kalian simak ulasan berikut ini.

Pengertian dan Fungsi IMEI Pada Handphone

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah nomor identitas sebuah android. IMEI pada setiap ponsel berbeda-beda, hal ini karena IMEI merupakan sebuah identitas ponsel makanya setiap ponsel memiliki nomor atau kode IMEI yang berbeda-beda. IMEI sering kita lihat pada dus box ponsel yang kita miliki, kalian juga bisa melihat kode IMEI pada nota pembayaran saat membeli ponsel baru.

Biasanya kode IMEI terdiri dari 14 digit angka, namun untuk ponsel terbaru keluaran sekarang memiliki 16 digit angka desimal. Untuk apa sih IMEI dibuat? Pasti pertanyaan ini pernah muncul di pikiran kalian bukan? Yah, seperti namanya IMEI dibuat untuk mempermudah dalam mengidentifikasi sebuah ponsel.

Selain untuk mengidentifikasi ponsel, IMEI juga bisa digunakna untuk mencegah atau memblokir ponsel tersebut supaya tidak bisa lagi mengakses jaringan seluler. Jadi saat kalian kehilangan ponsel kalian, kalian bisa meminta pada provider atau layanan jasa jaringan yang kalian gunakan untuk memblokir ponsel yang hilang tadi dengan cara mengirim kode IMEI ponsel yang hilang pada provider. Polisi juga bisa melakukan identifikasi terhadap kode IMEI berdasarkan ponsel yang dicuri.

Baca juga: 5 Smartphone Terburuk Yang Diproduksi

Pengertian IMEI

Kode pada sebuah IMEI memiliki format seperti AA-BBBBBB-CCCCCC-D, hal ini sudah ada sejak tahun 2004. Kode A dan B pada format tadi disebut dengan istilah Type Allocation Code (TAC). Kode ini dapat menunjukkan pembuatan serta modal dari ponsel tersebut.

Contohnya, pada ponsel iPhone 5 yang diluncurkan oleh Apple memiliki kode TAC 01-332700, sedangkan pada ponsel Samsung Galaxy S2 memiliki kode TAC 35-853704. Kode format C adalah sebuah serial number yang diberikan oleh perusahaan si pembuat ponsel tadi. Sedangkan digit terakhir merupakan checksum yang digunakan untuk memverifikasi IMEI pada ponsel tersebut.

Kode IMEI selalu ada dan melekat pada ponsel yang kalian miliki, kode IMEI tidak akan berubah meskipun kalian ganti SIM Card. Jadi walaupun kalian gonta-ganti SIM Card, kode IMEI yang kalian miliki akan tetap sama. Oleh karena itu kalian bisa memanfaatkan hal ini untuk mencari ponsel kalian yang hilang atau dicuri.

Namun hal ini masih bisa diakali oleh pencuri-pencuri yang cerdik. Karena sekarang sudah beredar cara mengganti kode IMEI. Saat IMEI mereka diblokir oleh provider mereka akan mengganti kode IMEI pada ponsel tersebut dengan yang masih aktif. Oleh karena itu kalian tidak boleh sembarangan menyebarkan kode IMEI ponsel milik kalian, karena bisa saja teman kalian usil menggunakan IMEI ponsel kalian.

Baca juga: 4 Teknologi Canggih Yang Bakal Hadir di Smartphone Masa Depan

Cara Melihat IMEI Pada Smartphone Android

IMEI pada ponsel kalian bisa dilihat dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk Menu Panggilan
  • Ketikan *#06#
  • Selesai, maka akan langsung muncul kode IMEI pada ponsel kalian.

Cara ini merupakan cara yang sering digunakan, selain itu cara ini hampir bisa digunakan di semua ponsel untuk mengecek IMEI. Namun, selain cara ini terdapat cara-cara khusus untuk beberapa ponsel untuk melihat kode IMEI-nya, contohnya:

  • IOS (iPhone, LTE/3G iPad): Setting → General → About
  • Android: Setting → About Phone
  • Sony Ericsson (model lama): ketikkan *kanan*kiri kiri*kiri* menggunakan keypad
  • Sony Ericsson atau BlackBerry model baru: Options → Status

Setelah kalian mengetahui kode IMEI dari ponsel kalian, sebaiknya kalian mencatatnya kemudian menyimpannya baik-baik karena kode ini sangat penting. Kalian juga bisa mencari tahu lebih detail lagi tentang IMEI kalian dengan mengunjungi situs imei.info. Itulah pengertian dan fungsi IMEI pada handphone. Semoga setelah membaca artikel ini kalian menjadi lebih bijak dalam menjaga kode IMEI kalian.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *