Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini. Anda sadar di masa sekarang ini, semuanya itu sudah serba mudah dan canggih. Ketika anda ingin berbelanja hanya buka smartphone saja, ingin keliling dunia menggunakan pesawat serta sekarang ini bisa tinggal di luar angkasa.

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini

Semua itu terjadi kareena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat pesat ini. Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan sejarah perkembangan IPTEK di masa kini. Agar anda mengetahui seberapa canggihnya perkembangan yang diberikan bagi umat manusia.

Teknologi Luar Angkasa Dunia

Anda pasti mengetahui film Star Wars? Ternyata Star Wars juga ada di kehidupan nyata. Istilah Star Wars dipopulerkan oleh Ronald Reagan pada tahun 1983 untuk kompetisi teknologi luar angkasa di masa perang dingin. Perkembangan teknologi luar angkasa oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet dilakukan demi mendukung upaya penyebarluasan pengaruhnya.

Baca Juga: 4 Teknologi Canggih Ini Sudah Diramalkan Sejak Zaman Kuno

Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil meluncurkan satelit bernama Sputnik 1 pada 4 Oktober 1957. Pada november 1957 Uni Soviet meluncurkan satelit Sputnik II dengan menyertakan seekor anjing bernama Laika. Kemajuan Uni Soviet mulai disaingi oleh Amerika Serikat dengan meluncurkan satelit Explorer 1 pada 31 Januari 1958. Seokah tidak mau mengalah, Uni Soviet “membalasnya” dengan mengirimkan Sputnik III pada 15 Mei 1958. Pada 4 Oktober 1959 Uni Soviet berhasil mengobitkan satelit Lunik III yang dapat mengelilingi bumi dan bulan.

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini

Momen terpenting dalam perkembangan teknologi ini terjadi ketika manusia berhasil melakukan perjalanan ke luar angkasa. Yuri Gagarin, Kosmonot dari Uni Siviet, berhasil lmenjadi manusia pertama yang melakjukan perjalanan ini pada ini pada 12 April 1961 dengan menggunakan pesawat Vostok I selama 108 menit. Disusul dengan John Glenn, manusia pertama yang mengorbit Bumi pada tanggal 20 Februari 1962 dengan pesawat Friendship 7 milik Amerika Serikat dan Neil Armstrong sebagai manusia pertama yang mendarat di bulan pada tanggal 20 Juli 1969 dengan Apollo 11 milik Amerika Serikat.

Baca Juga: Tiga Teknologi Dalam Dunia Pekerja Manusia

Berakhirnya Perang Dingin membuka lembaran baru dalam perkembangan teknologi luar angkasa. Internasional Space Station (Stasiun Luar Angkasa Internasional). Didirikan oleh Amerika Serikat dan Rusia pada 20 November 1998 dan menjadi babak baru dalam perkembangan teknologi luar angkasa.

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini

Teknologi Luar Angkasa Indonesia

Perkembangan teknologi luar angkasa ini tentunya juga membawa dampak bagi Indonesia. Pada 9 Juli 1976, diluncurkan satelit Palapa A1 yang berguna untuk mengatur Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). SLSD bermanfaat untuk mempermudah komunikasi antar daerah dan antar negara. Menyambungkan komunikasi telepon, televisi, radio dan faksimili, serta menghubungkan jaringan internet. Selanjutnyta juga punya satelit Palapa B1 yang diluncurkan pada 16 Juni 1983.

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini

 

Selain punya satelit, saat itu Indonesia juga punya kosmonot. Adalah Pratiwi Sudarmono yang akan diberangkatkan untuk misi luar angkasa dari Indonesia. Sayang, dirinya belum berhasil berangkat karena meledak pesawat Challenger milik Amerika Serikat yang sedang diujicoba pada tanggal 28 Januari 1986.

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini

Mungkin sampai di situ saja penjelasan kami mengenai Sejarah perkembangan IPTEK di masa kini. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda dalam hal sejarah bersama Janganlah.com.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *