Sikap Pengendara Motor Sebelum Hujan-hujanan

Sikap pengendara motor sebelum hujan-hujanan

Sikap pengendara motor sebelum hujan-hujanan. Memasuki musim hujan, banyak pengendara motor tetap memaksakan diri berkendara demi sampai tujuan.

Untuk diingat, sebelum pengendara motor memulai menerobos hujan, ada baiknya persiapkan diri dan motor dalam kondisi baik. Musim hujan memang bukan sebuah halangan untuk beraktivitas, namun ada lima poin penting yang harus dilakukan pengendara motor agar tetap nyaman dan aman di tengah hujan.

Baca juga: Mengenal Kecanggihan Sistem Rear Wheel Steering

Berikut sikap pengendara motor sebelum hujan-hujanan.

1. Gunakan jas hujan

Jas hujan bisa melindungi badan pengendara motor dari kontak langsung dengan air hujan. Terhindarnya kontak dengan air hujan memungkinkan pengendara untuk tetap hangat serta mengurangi kemungkinan menderita sakit.

Hindari penggunaan jas hujan ponco, karena model ponco yang memanjang hingga kaki memungkinkan bahan jas akan tersangkut di komponen bergerak kendaraan seperti rantai atau jari-jari motor. Sebagai gantinya, pakai jas hujan setelan yang terdiri dari dua bagian, yaitu celana dan baju.

2. Pakai sepatu

Tutupi kedua kaki dengan sepatu. Sepatu menjadi alternatif yang lebih baik untuk mengalasi telapak kaki di musim hujan. Selain dapat melindungi telapak kaki secara menyeluruh dari air hujan dan benda tajam lain. Sepatu juga lebih baik mencengkeram jalan yang basah oleh air hujan.

Pengendara motor disarankan untuk selalu membawa sepatu bot yang bisa melapisi hingga bawah lutut selama musim hujan.

Baca juga: Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

3. Periksa kondisi ban

Pada musim hujan, ban perlu mendapat perhatian lebih karena perannya menjaga cengkeraman roda di jalan yang licin. Telapak ban yang sudah ‘botal’ menyebabkan daya cengkeram ban berkurang. Kondisi ban seperti ini potensi menimbulkan kecelakaan.

Pastikan kondisi telapak ban dalam kondisi baik. Segera ganti ban bila telapaknya sudah menipis dan tak lagi layak pakai.

4. Jaga kecepatan

Menjaga kecepatan di jalan raya dalam kondisi hujan adalah wajib. Sebab air hujan menyebabkan jalan menjadi licin. Masalah lainnya adalah sistem rem jadi tidak maksimal potensi motor sulit dikendalikan.

Hindari juga gerakan secara ekstrem ataupun berbelok secara mendadak untuk menghindari kecelakaan tunggal dan kecelakaan pengguna jalan lain.

Baca juga: Dark Mode di Android Bikin Hemat Baterai

5. Jangan rem mendadak

Sama seperti di alasan-alasan sebelumnya, kondisi jalan licin membuat aksi yang dilakukan secara mendadak jadi lebih berbahaya seperti rem mendadak.

Untuk menghindari rem mendadak, baiknya kita menjaga kecepatan di batas aman saat berkendara di tengah hujan. Jaga jarak dengan kendaraan di depan, dan perhatikan keadaan sekitar dengan lebih seksama.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *