Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas. Tunanetra adalah istilah umum yang  digunakan untuk kondisi yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Akibat berkurangnya fungsi indra penglihatannya maka tunanetra berusaha memaksimalkan fungsi indra-indra yang lainnya. Seperti perabaan, penciuman, pendengaran dan lain sebagainya. Sehingga sedikit penyandang tunanetra yang memiliki kemampuan luar biasa misalnya di bidang musik atau ilmu pengetahuan.

Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Menurut data badan kesehatan dunia (WHO). Jumlah penyandang tunanetra di dunia pada tahun 2017 mencapai 253 juta jiwa. Jumlah ini diprediksi oleh Lancet Global Health akan terus meningkat tiga kali lipat pada tahun 2050. Beberapa inovasi teknologi diciptakan untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari, karena mengetahui populasi tunanetra yang tidak sedikit. kali ini, Janganlah.com akan membahas mengenai teknologi canggih yang membantu tunanetra beraktivitas, berikut daftarnya.

Augmented Reality

Bagi tunanetra, impian untuk melihat dunia bukan tidak mungkin akan terwujud dalam waktu dekat dengan kian disempurnakannya teknologi Augmented Reality. Para peneliti di Universitas Oxford di Inggeis memanfaatkan AR untuk mempantu meningkatkan daya penglihatan para penyandang gangguan penglihatan.

Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Teknologi tersebut terpasang dalam kacamata pintar “OxSight” yang mampu menarik titik terlemah dari penglihatan seseorang. Saat ini, ukuran kacamata pintar tersebut masih cukup besar sehingga masih tidak mencolok jika dipakai sehari-hari namun, para penelitih menjanjikan produk finalnya akan lebih mirip kacamata biasa.

Baca JUga : Teknologi Yang Tidak Diharapkan Muncul Muncul di 2019

Penerjemah Huruf Braille

Teknologi pun membantu mereka yang memiliki kebutuhan untuk membaca huruf normal ke huruf braille. Huruf braille adalah huruf yang dibuat dengan sistem taktik yang ditunjukan bagi orang dengan gangguan penglihatan. Kode-kode timbul yang kini dikenal untuk membantu sahabat-sahabat tunanetra itu dinamakan dengan nama seorang pria Prancis kelahiran 4 Januari 1809, Luis Fergusho.

Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Para penelitih dari Smk Jakarta III, Indonesia mencoba mengembangkan sistem huruf taktik ke sebuah perangkat yang bisa menerjemahkan huruf biasa ke huruf braille secara real time. Perangkat ini akan dibekali dengan fitur pemindah. Fungsinya mirip dengan yang terdapat di banyak mesin penerjemah yakni menangkap gambar yang tertulis dengan huruf biasa, lalu menerjemahkannya ke huruf brraille.

Teknologi Navigasi Dalam Ruangan Dari Objek Bersuara

Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Seeing I App disediakan oleh microsoft bagi penyandang tunanetra. Akan tetapi penelitian dari Institut Teknologi Cengkareng memanfaatkan Hollolens besutan Microsoft untu memandu tunanetra di bagunan indoor yang kompleks. Mereka menggabungkan surat dan pengamatan ruangan serta objek 360 derajat secara real-time. Yang mereka kembangkan bisa membantu untuk menemukan benda tertentu atau menuntun mereka melalui jalur yang telah di per-set sebelumnya.

Baca Juga : Teknologi Yang Bakal Hadir di 2030

Mata Bionic dan Bioprinting Tiga Dimensi

Teknologi yang ini bisa jadi yang paling baru di antara daftar sebelumnya. Peneliti dari Universitas Gajahmada di Indonesia mencampur sel punca dengan molekul alga yang menjadi tinta biologis. Kemudian tinta tersebut menjadi bahan utsms untuk mencetak kornea buatan tiga dimensi.

Teknologi Canggih Yang Membantu Tunanetra Beraktivitas

Alat tersebut bisa mengembalikan sebagai penglihatan pasien. Semua teknologi di atas diharapkan bisa digunakan lebih luas lagi bagi para penyandang tunanetra di seluruh dunia. Penemuan serupa juga dikembangkan oleh perusahaan Venom Visiontelah mengembangkan pengganti lensa bola.

Author: admin sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *