Teknologi Jadul Yang Nyaris Punah

Teknologi Jadul Yang Nyaris Punah. Teknologi terus berkembang dan semakin canggih seiring berjalannya zaman. Pada zaman now ini anda tentu sangat menikmati peran-peran teknologi yang kian memukau. Akan tetapi, pernah anda ingay bagaimana perangkat teknologi terdahulu yang sempat membantu kehidupan masyarakat dunia pada zamannya.

Tenologi Jadul Yang Nyaris Punah

Laporan penelitian yang dimuat BBC. Melakukan riset terhadap 2000 anak dengan umur 6-18 tahun di Inggris. Survei dilakukan untuk mengetahui seberapa besar anak-anak zaman dahulu yang sudah dianggap punah nyaris punah.

Disket

Sebelum era flashdisk, hardisk maupun Multy Media Card. Apa anda pernah tahu piranti yang berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file dari komputer ? Piranti itu ialah Floopy Disk atau dikenal dengan disket.

Piranti ini pernah terjual lebih dari lima miliar tiap tahunnya, di seluruh dunia. Puncaknya adalah pada era pertengahan tahun 1990-an.

Disket atau floppy disk pertama yang berukuran 8in (20 cm) dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan tape drive pada akhir 1960-an dan dibuat secara komersial pada tahun 1970-an. kemudian Sony mengikutinya dengan disk 3.5in (9 cm) pada tahun 1981.

Pada tahun 1984, IBM memperkenalkan diskey high-density untuk PC, yang mampu menyimpan 1,2 MB data. Pada saat itu, kapasitas tersebut sangat mengesankan. Waktu telah berubah. Bandingkan saja dengan flash drive USB hari ini, yang dapat menyimpan 2 TB hampir 1,7 juta kali jumlah informasi pada disket.

Survei di Inggris menyatakan, dua pertiga dari anak-anak zaman sekarang ini tidak mengetahui apa itu disket. Beberapa orang ada yang masih mengenalnya, namun hanya sebagai ikon simpan pada komputer mereka.

Pager Atau Radio Panggil

Teknologi komunikasi jingjing atau yang begitu dekat dengan anak-anak sekarang sudah pasti adalah handphone atau smartphone. Pada era 1950-an dan 1960-an, erdapat piranti dengan fungsi serupa yang telah tercipta. Perangkat tersebut bernama pager atau di Indonesia biasanya juga disebut radio panggil. Kalau anda bukan remaja 1990 maka kemungkinan besar anda belum pernah menggunakannya.

Di barat, teknologi komuinikasi yang dapat diletakan di saku ini banyak digunakan pada era 1980-an. alat yang satu ini dapat menerima dan menampilkan pesan numerik atai alfanumerik dan suara melalui jaringan radio. Di Indonesia pager sempat menjadi gadget yang digandrungi di kalangan muda pada tahun 1990-an.

Sampai sekarang, pager atau radio panggil ini sebetulnya belum betul-betul punah. Teknologi ini masih digunakan namun dalam bidang-bidang tertentu, khususnya di bidang layanan sosial kemasyarakatan.

Kaset Video VHS

Sebelum penikmat film rumahan tersita perhatiannya pada neflix, youtube dan lain sebagainya. Video Home System atau di kenal dengan kaset video VHS sempat menjadi idaman di kalangan pecinta film rumahan.

Teknologi Jadul Yang Nyaris Punah

Perekam kaset video yang biasa digunakan di rumah ini diluncurkan sony pada tahun 1971. Awalnya, ini tidfak terjangkau oleh kebanyakan keluarga pada akhir 1980-an mereka jauh lebih terjangkau.

Kalau anda mengalami zaman ini, pasti anda ingat persaingan antara format rekaman video yaitu sony betamax dan VHS JVC. Betamax diperkenalkan tahun 1975 olah Sony. Satu tahun lbih cepat dari VHS yang dikembangkan oleh pesaing Sony, yakni JVC. VHS lebih banyak dipilih karena mampu merekam video lebih panjang dari betamax. Selain itu, yang terpenting, kaset VHS memiliki harga lebih murah.

Format kaset betamax sudah lama dilupakan warga dunia. Walau pesaing berat format VHS ini masih sempat dioruksi dan dipasarkan di negara asalnya, Japan. Di Indonesia, format betamax populer setidaknya tahun 90’an. Setelah format-format penyimpanan video baruseperti CD, DVD, sehingga bluray muncul, betamax pun kian tenggelam.

Author: admin sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *