Teknologi Sepada Motor di Tahun 2019

Teknologi sepeda motor

Teknologi sepeda motor. Di 2018, ada beragam jenis motor yang telah diluncurkan masing-masing pabrikan. Semuanya diberikan fitur dan teknologi yang ada fungsinya, namun masih diremehkan oleh sebagian orang. Walaupun begitu, teknologi tersebut akan maju terus, seiring banyaknya pabrikan yang menggunakannya. Berikut 5 teknologi sepeda motor yang diprediksi bakal banyak digunakan di tahun 2019.

1. ABS

Teknologi sepeda motor

ABS merupakan kependekan dari Antilock Braking System. Tujuannya untuk mencegah roda belakang terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Di skutik, hal ini sudah banyak seperti NMAX dan PCX. Di varian sport 150cc, baru CBR150R dan GSX-R150 yang menggunakannya. Banyak yang bilang bahwa 150cc tidak perlu ABS. Sebenarnya, fitur ini untuk keamanan, jadi jangan disepelekan.

Baca juga: Teknologi MotoGP di Motor Pabrikan

2. Keyless

Teknologi sepeda motor

Motor keyless saat ini sudah cukup banyak, walaupun di segmen skutik lebih banyak dibandingkan sport. Di kelas sport, baru Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 yang mengaplikasikan fitur ini, dan yang terbaru Kawasaki Ninja 250 FI 2019.

Keyless sendiri jauh lebih aman, terbukti dengan beberapa kasus maling berusaha membobolnya tapi tidak bisa. Sayangnya bentuk tuas keyless yang mirip dengan tuas kompor membuatnya di-bully.

3. Hazard lamp

Teknologi sepeda motor

Lampu hazard adalah lampu yang mengisyaratkan tanda bahaya. Hazard ditandai dengan kedua lampu sein yang menyala bersamaan. Namun, hazard seringkali disalah gunakan, seperti ketika hujan atau ingin lurus. Hazard sendiri sudah banyak di motor-motor di Indonesia terutama Yamaha yang sepertinya menjadikan hazard sebagai fitur utama. Motor terbaru mereka, R25 dan MX King juga diberi hazard.

Baca juga: Teknologi Honda Terbaru Yang Muncul di 2019

4. Power outlet

Teknologi sepeda motor

Power outlet cukup dibutuhkan oleh orang-orang yang berprofesi sebagai ojek online atau orang yang selalu butuh GPS. Jika menggunakan powerbank, akan terasa ribet dan tidak praktis. Jika ada power outlet, kita hanya perlu membeli colokannya saja dan sudah bisa ngecas HP.

Di tahun 2014, Honda Supra X memberikan power outlet, yang sayangnya di bagasi, jadi perlu kabel yang panjang. Kemudian munculah motor dengan power outlet dilaci penyimpanan seperti PCX dan di dekat stang seperti New Ninja 250 2018.

5. Shock breaker upside down untuk motor sport

Teknologi sepeda motor

Yup, shock breaker upside down memang cukup mahal sekitar Rp3-5 juta tergantung merknya. Masyarakat sangat suka tampilan upside down yang tampak mewah, yang biasanya berwarna emas.

Di motor sport sendiri baru Yamaha R25, R15, dan Honda CBR250RR yang mengaplikasikannya. Sementara di segmen naked dan streetfighter baru Yamaha Xabre. Motor yang sudah mengaplikasikan upside down di semua motornya adalah motor dari KTM. Selain lebih keren, motor juga menjadi lebih stabil di kecepatan tinggi.

Fitur-fitur di atas memang sudah ada sejak lama. Hanya saja penggunaannya yang masih sedikit. Terutama fitur seperti keyless yang sebenarnya sangat aman untuk motor kesayangan kamu. Fitur mana yang paling kamu butuhkan?

Baca juga: Tren Smartphone 2019

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *