Teknologi Sepak Bola Yang Lebih Canggih

Teknologi Sepak Bola Yang Lebih Canggih

Teknologi – Penggunaan teknologi dalam sepak bola yang lebih canggih memang sudah biasa dilakukan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi dalam sepak bola membawa dampak yang cukup signifikan. Salah satu membuat permainan menjadi lebih adil.

Macam-macam teknologi dalam sepak bola antara lain adalah Goal Line Technology, Vanishing Spray, Microphone Referee, LED Subs, dan teknologi sepak bola yang lebih canggih digunakan baru-baru ini yaitu VAR (Video Assistant Referee).

Baca juga: Teknologi Canggih Pertandingan Sepakbola

Namun ternyata masih ada teknologi lain yang bernama Referee Camera (Ref Cam). Teknologi ini masih terbilang baru dalam dunia sepak bola. Konon lebih canggih daripada VAR karena review video langsung diambil dari sudut pandang wasit.

Ref Cam menggunakan kamera berjenis nirkabel seperti Google Glass namun dengan kamera beresolusi 1080i HD yang dapat diputar ulang oleh operator di studio produksi. Alat ini dikenakan pada ketinggian mata seorang wasit, sehingga memberi prespektif pandangan wasit di lapangan. Ref Cam hanya memiliki bobot seberat 3.77 ons.

Ref Cam dikendalikan oleh seorang operator yang memungkinkan dia untuk menyeimbangkan warna, saturasi, level hitam, detail, dan lain-lain selama pertandingan. Video dikirim melalui frekuensi radio yang disambungkan pemancar nirkabel.

Baca juga: Teknologi Dalam Sepak Bola

Major League Soccer menjadi liga pertama yang menggunakan Ref Cam pada pertandingannya. Awalnya MLS menggunakan Ref Cam sebagai alat pelatihan untuk wasit.

“Ini adalah alat yang hebat untuk pendidikan wasit dalam hal penentuan posisi wasit, akselerasi dan pengembangan permainan,” kata Peter Walton, Ketua Organisasi Wasit Profesional dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya Ref Cam ternyata telah digunakan pada olahraga Mix Martial Arts sejak 2004 dan European Rugby. Konsep ini dapat memberikan cuplikan menarik untuk banyak olahraga profesional, termasuk sepak bola, baseball (misal: melihat lapangan dari sudut pandang wasit home base), bola basket, dan sepak bola.

Baca juga: Teknologi VAR di Piala Dunia 2018

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *