Teknologi Smarthome Dan Manfaatnya

Teknologi Smarthome

Teknologi Smarthome (rumah cerdas) adalah rumah yang menyediakan kenyamanan, keamanan, efisiensi energi bagi rumah setiap saat. Teknologi ini dapat bekerja saat orang ada di rumah maupun tidak ada di rumah.

“Rumah Cerdas” adalah istilah yang biasa digunakan untuk menentukan tempat tinggal yang memiliki peralatan, pencahayaan, pemanas, pendingin ruangan, TV, komputer, sistem audio & video hiburan, keamanan, dan sistem kamera yang mampu berkomunikasi satu sama lain dan dapat menjadi dikendalikan jarak jauh dengan jadwal waktu, dari setiap ruangan di rumah, serta dari jarak jauh dari lokasi manapun melalui smartphone atau internet. Dengan adanya teknologi Smartphone ini memungkinkan pemilik rumah untuk mengontrol kenyamanan dan keamanan rumahnya dengan menggunakan satu alat saja.

Baca juga: Asal Usul Jaringan Komputer

Teknologi Smarthome

Berikut beberapa manfaat dari teknologi SmartHome ini.

1. Mudah digunakan

Smarthome tidak hanya diterapkan pada rumah saja, melainkan hunian tingkat atas seperti apartemen. Dengan begitu penghuni rumah maupun apartemen tidak perlu repot mengontrol perabotan yang ada di dalamnya, seperti menyalakan perangkat elektronik, lampu, jendela maupun pintu.

2. Menjamin Keamanan

Dengan menggunakan teknologi Smarthome ini kita tidak perlu khawatir dengan keadaan rumah saat kita tidur ataupun berada di luar rumah. Rumah biasanya dilengkapi dengan hak akses pada pintu untuk masuk ke dalam rumah, seperti sidik jari, pendeteksi retina, password ataupun RFID. Selain itu semakin aman jika dilengkapi dengan kamera CCTV dan alarm yang akan terpicu jika keamanan ditembus.

Baca juga: Berkenalan Dengan Super Komputer Tercepat di Dunia

3. Ramah lingkungan dan energi

Fitur penting yang muncul dari Smarthome adalah konservasi sumber daya yang terbatas di bumi. Semakin banyak orang menjadi sadar akan kemampuan membuat rumah mereka benar-benar cerdas dan hijau dengan memanfaatkan pengendali rumah yang terintegrasi dengan semua sub-sistem rumah untuk meningkatkan penghematan dengan mengendalikan pencahayaan, penutup jendela, HVAC, irigasi dan dengan memantau penggunaan. Banyak pengendali rumah memiliki sistem pemantauan terpadu yang dengannya fitur untuk menghitung dan mencatat penggunaan semua perangkat yang terhubung, sehingga pemilik rumah tahu untuk mengatur kinerja perangkat sesuai kebutuhan. Sistem ini bahkan bisa diakses melalui internet dari manapun di dunia sehingga pemilik rumah bisa menyesuaikan pemakaian kapan saja dan dimana saja.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi UHT?

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *