Teknologi ToF Yang Bikin Kamera Ponsel Makin Canggih

Teknologi ToF

Teknologi ToF. Para produsen kamera saat ini memperkenalkan teknologi ToF (Time-of-Flight) pada kameranya. Ini adalah tren kamera ponsel teranyar setelah multi kamera, lubang kamera selfie di layar, dan ponsel lipat.

Teknologi ToF diperkirakan akan jadi tren berikutnya. Saat ini Oppo dan Huawei, Honor telah menggunakan teknologi ini. Apple pun diperkirakan akan menggunakan teknologi serupa untuk ponsel mereka yang akan keluar di 2020.

Kamera ToF menggunakan sinar inframerah, laser berwarna merah yang terlihat oleh mata manusia. Sinar ini digunakan untuk menentukan kedalaman objek yang dipindai.

Baca juga: Teknologi Mesin Fotokopi 3D

Cara Kerja

Sensor inframerah akan dilontarkan ke objek dan dipantulkan. Waktu yang dibutuhkan sinar untuk kembali dipantulkan ke sensor akan membantu software menentukan jarak, bentuk, dan mengukur volume objek di depannya. Begitu data jarak dikumpulkan, dengan algoritma yang tepat fitur maka objek bisa dikenali. Sinar inframerah yang dikeluarkan berukuran 850 nanometer sehingga tidak terlihat mata, seperti dikutip Digit.in.

Dibanding dengan pemindaian tiga dimensi lain, teknologi ToF adalah yang paling murah. Sensor ini bisa menangkap hingga 160 frame per detik (fps). Sehingga bisa digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan real time. Selain itu sensor ini hanya membutuhkan tenaga pemrosesan yang kecil.

Baca juga: Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Fungsi Sensor ToF

Teknologi ini bisa digunakan untuk navigasi dalam ruangan, membantu ketika menggunakan augmented reality (AR), menghindari objek, pengenalan gestur, pelacakan objek, dan sebagai altimeter reaktif.

Untuk kamera, sensor ini juga bisa membantu ketika pengguna menggunakan mode bokeh yang bisa mengaburkan latar belakang. Tapi tingkat akurasinya tergantung dari software yang digunakan untuk membaca data dari sensor.

Sensor ini bisa juga digunakan untuk membantu pengenalan objek dan menentukan fokus di kondisi kurang cahaya. Sebab, saat ini sensor kamera untuk menentukan posisi fokus kamera pada objek sangat tergantung dari kondisi cahaya.

Baca juga: Teknologi Smartphone di 2018

Teknologi Lawas

Teknologi ini sebenarnya bukan hal baru. Banyak perusahaan yang memanfaatkan sensor ini dalam sepuluh tahun terakhir. Microsoft menggunakan teknologi ini pada sensor LIDAR di Kinect generasi kedua. Huawei juga telah menggunakan sensor ini pada Honor View 20. Oppo RX 17 Pro juga menggunakan teknologi ini.

LIDAR populer di teknologi mobil otonom biasanya juga menggunakan sensor ToF. Teknologi ini juga diadaptasi pada drone.

Pembuat Sensor

Sony merupakan salah satu perusahaan yang membuat sensor tiga dimensi dengan teknologi ToF. Pembuat sensor ToF lainnya adalah AMS/ Heptagon, ASC TigerCub, TeraRanger One, Reigl, Lucid/ Helios, dan AdaFruit, seperti dikutip Pocket Lint.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *