Tips Teknologi: Melindungi Bisnis dari Malware Finansial Trojan RTM

Tips Teknologi: Melindungi Bisnis dari Malware Finansial Trojan RTM

Teknologi – Tips teknologi kali ini akan mengupas soal bagaimana melindungi bisnis digital dari serangan siber seperti malware finansial Trojan Perbankan RTM. Pasalnya, berdasarkan laporan perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab, lonjakan aktivitas oleh Trojan Perbankan RTM mengalami peningkatan yang signifikan dalam setahun.

Kaspersky Lab, Rabu (6/3) mendeteksi terdapat lebih dari 130.000 pengguna yang mengalami serangan Trojan tersebut pada 2018. Sementara, selama 2017 sedikitnya 2.376 pengguna yang diserang.

Baca juga: Tips Teknologi: Bikin Password Unik Yang Mudah Diingat

Perusahaan yang berkantor pusat di Moskow, Rusia itu memberikan beberapa saran untuk melindungi bisnis, berikut saran tersebut.

1. Berikan pelatihan keamanan pada seluruh karyawan, terutama mereka yang bertanggung jawab atas akuntansi untuk mewaspadai serangan phishing.

2. Menginstal patch terbaru untuk semua perangkat lunak yang digunakan.

3. Melarang instalasi program dari sumber yang tidak dikenal.

4. Menggunakan solusi keamanan yang tepat untuk bisnis dengan analisis perilaku, seperti Kaspersky Endpoint Security for Business.

Baca juga: Teknologi Sepak Bola Yang Dibuat Oleh FIFA

Trojan perbankan adalah salah satu dari ancaman siber yang paling merusak karena dirancang untuk mendapatkan akses ke akun keuangan dan aset target mereka. Terutama dengan mencuri kredensial login dan membajak sesi perbankan online.

Trojan RTM akan mengganti detail akun dan pelaku kejahatan siber ini secara manual mencuri uang menggunakan tool akses jarak jauh.

Tips Teknologi: Melindungi Bisnis dari Malware Finansial Trojan RTM

Malware ini menargetkan kepada orang yang bertanggung jawab atas divisi akuntasi keuangan dalam bisnis kecil dan menengah, dengan fokus khusus pada TI dan sektor hukum. Ini membuat serangan Trojan RTM menjadi bagian dari tren umum, di mana pelaku kejahatan siber kehilangan minat terhadap oraganisasi keuangan.

Trojan RTM didistribusikan melalui phishing email, menggunakan pesan yang disamarkan sebagai korespondensi keuangan dan akuntasi rutin yang berisi tautan atau lampiran berbahaya. Setelah malware diinstal di komputer korban, maka pelaku kejahatan siber akan mendapatkan kontrol penuh atas sistem yang terinfeksi.

Baca juga: 6 Tren Perdagangan Digital 2019

Laju serangan tampaknya berlanjut hingga 2019, dengan lebih dari 30 ribu pengguna diserang selama bulan pertama. Dalam kurun waktu setengah tahun, RTM menjadi salah satu Trojan perbankan paling aktif di lanskap ancaman.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *